Cari Blog Ini

Sabtu, 27 November 2010

KULIAH LAPANGAN



Kulap atau kepanjangannya dari Kunjungan lapangan. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh BEM FMIPA. Dimana pada tanggal 25 November 2010 dilaksanakan 2 kunjungan perusahaan, yang pertama kunjungan di perusahaan roti mass pruduction yaitu Sari Roti kemudian perusahaan koran kompas. Kullap ini bertujuan agar mahasiswa FMIPA ITS dapat terjun langsung dan mengetahui bagaimana sistem kerja produksi dari suatu perusahaan

Pada pukul setengah 11 kami tiba di sari roti pasuruan. Disana kami disambut dengan baik, setelah itu kami memasuki ruangan, disana kami dikenalkan dengan sari roti yang kaya akan manfaatnya, setelah beberapa menit kemudian pemandu dari tim sari roti datang, disana kami dijelaskan bagaimana cara pembuatan sari roti itu sendiri. Dimana proses yang dibuat melalui tahap-tahap berikut : Row material ( kontorol bahan baku) è penimabangan bahan baku è sponge mixed è Dought mixing(pengadukan ke-2) è Divinding dan Rounding (dipotong-potong sesuai ukuran) è intermediet profing ( diistirahatkan) è Sheeting ( pemipihan) è moulding(pembentukan kue) è final profing è baking(pemanggangan) è Depanning & cooling è Slicing White Bread è Packaging è metal detecting è Storage FG è Product Knowledge. Dari uraian proses pembuat roti tersebut ternyata banyak sekali tahapan-tahapan yang harus dilewati agar menjadi makanan yang halal, health, & higienies.

Kemudian kunjungan kedua yaitu di perusahaann koran terbesar yaitu kompas. Dimana kompas juga mendirikan suatu percetakan buku yang tak lazim lagi yaitu Gramedia. Ketika sampai ditempat kami langsung menuju lantai 6, disana terdapat dua pemandu, kedua pemandu tersebut bernama bu agnes dan bu putri, beliau merupakan wartawan Kompas yang bekerja kurang lebih 15 tahun . sehingga banyak sekali pengalaman-pengalaman yang diperoleh beliau. Disana kami dijelaskan bagaimanakah menjadi soerang wartawan, bagaimanakah cara menulis artikel, bagaimanakah caranya agar dapat bekerja di redaksi kompas. Dan masih banyak yang lainnya.

Kami merasa memiliki banyak pengalaman dengan diadakannya kuliah lapangan. semoga di tahun kedepan masih ada lagi kegiatan seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar